Minggu, 22 Oktober 2017

PUSH UP dan Manfaatnya



PUSH UP


Push up adalah suatu jenis senam kekuatan yang berfungsi untuk menguatkan otot bisep maupun trisep. Posisi awal tidur tengkurap dengan tangan di sisi kanan kiri badan. Kemudian badan didorong ke atas dengan kekuatan tangan. Posisi kaki dan badan tetap lurus atau tegap. Setelah itu, badan diturunkan dengan tetap menjaga kondisi badan dan kaki tetap lurus. Badan turun tanpa menyentuh lantai atau tanah. Naik lagi dan dilakukan secara berulang. Kegiatan ini dapat dikombinasikan dengan:
  1. Mengubah jarak telapak tangan
  2. Bentuk tangan yang menyentuh lantai: membuka, mengepal, menggunakan jari, atau punggung tangan
  3. Mengubah jarak antar kaki
  4. Mengubah ketinggian letak kaki: dengan menggunakan kursi atau kaki yang satu ditindihkan ke kaki yang lain
  5. Mengubah jumlah tangan yang digunakan : satu tangan atau dua tangan


Push Up Wanita 

Letakan kedua telapak tangan pada lantai selebar bahu kita.
Posisikan kedua lutut kita kelantai dengan posisi kedua lutut rapat.
Lalu lakukan push up seperti biasa secara perlahan saja.
Description: Hasil gambar untuk cara push up wanita yang baik dan benar
kaskus.co.id
Kedua gerakan push up tersebut sangat cocok untuk wanita. Dan juga cara push up tersebut juga cocok untuk pemula yang mau belajar push up. Karena kedua gerakan tersebut adalah gerakan dasar push up.

Jika kita sudah bisa melakukan kedua cara push up diatas dengan lancar dan benar maka harus di pertahankan atau kalau bisa kita tingkatkan.

Yaitu dengan melakukan push up secara rutin setiap hari dan di lakukan pada jam atau waktu yang sama agar bisa menumbuhkan kebiasaan push up setiap hari. Dan juga usahakan jangan melakukan push up setelah makan karena akan berakibat makanannya akan keluar lagi.


Manfaat Push Up Bagi Tubuh

Untuk anda para perempuan yang malas dan juga jarang melakukan push up ada baiknya Anda mulai mempertimbangkan untuk melakukan olah raga ini setiap hari. Ternyata push up tidak hanya baik bagi laki-laki. Anda para perempuan juga bisa memperoleh segudang manfaat dari push up. Berikut penjelasan selengkapnya.
1. Memberikan Bentuk Tubuh yang Lebih Baik
Perempuan biasanya jarang melakukan push up karena takut akan memiliki bentuk lengan yang besar. Padahal anggapan tersebut sangat salah. Tahukah Anda bahwa push up akan membantu pembentukan dada, bisep, trisep, bahu, serta punggung bagian atas dan bawah. Lakukanlah push up sebanyak 12 kali dengan 3 kali repetisi setiap harinya. Selama beberapa minggu Anda akan memperoleh manfaatnya dan juga Anda bisa memakai gaun halter neck dengan lebih percaya diri.
2. Kaki dan Lengan Lebih Kuat
Push up efektif untuk meningkatkan kekuatan lengan dan juga kaki. Alhasil, Anda bisa memiliki tubuh yang lebih energik dan juga lemak-lemak di bagian tersebut akan tersalur secara lebih merata.
3. Menjaga Kesehatan Otot dan Tulang
Menjaga kesehatan otot dan juga tulang dapat dilakukan dengan melakukan olah raga yang sifatnya melatih kekuatan tubuh. Push up merupakan olah raga yang efektif melatih kekuatan tubuh sekaligus dapat menjaga kesehatan otot dan tulang.
4. Mencegah dan Juga Mengatasi Sarcopenia
Sarcopenia merupakan suatu kondisi ketika massa otot mengalami penurunan karena otot mengalami penuaan. Kondisi tersebut biasanya dipicu dengan kurangnya aktivitas yang  menyebabkan massa otot mengalami penurunan. Olah raga yang melatih kekuatan seperti push up sangat efektif untuk meningkatkan massa otot sekaligus mencegah sarcopenia.
5. Memperkuat Tulang Misa
Tulang misa merupakan tulang yang berada di sekitar bahu, lengan, siku, dan pergelangan tangan. Dengan rutin melakukan push up maka kekuatan tulang misa akan meningkat seiring dengan peningkatan kesehatan tubuh.
Itulah beberapa manfaat push up yang bisa Anda peroleh. Meskipun anda adalah seorang perempuan namun tidak ada salahnya melakukan olah raga tersebut. Push up merupakan olah raga yang murah, tidak memakan banyak tempat, dan tentu saja dapat meningkatkan proses metabolisme sehingga Anda bisa memperoleh bentuk tubuh yang lebih ideal.



Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Push-up
http://berkahtek.blogspot.co.id/2015/12/cara-push-up-untuk-wanita.html
https://halosehat.com/diet-fitness/tips-fitness/cara-push-up-yang-benar-untuk-perempuan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar